Bina Tani Sejahtera

Bahasa id Indonesia

Training of Trainer Champion Sesi 2

Training of Trainer Champion Sesi 2

Rabu, 28 Desember 2016 00:00

Training of trainer Champion sesi pertama telah dilaksanakan di kantor EWINDO, Purwakarta pada tanggal 20-22 September 2016 lalu. Sebagai follow up atas kegiatan tersebut, pada tanggal 6-8 Desember 2016 diselenggarakan Training of Trainer Champion (ToT champion) sesi kedua. Sama seperti kegiatan sebelumnya, ToT champion sesi kedua diikuti oleh 30 orang peserta, yang terdiri dari 25 orang Product Promotor EWINDO, 4 orang staff lapangan YBTS dan 1 orang peserta dari East West Seed Foundation, Thailand. Yang berbeda adalah, pada sesi kedua ToT champion ini peserta lebih banyak mendapatkan kesempatan untuk diskusi kelompok dan praktek di lapangan, sehingga apa yang telah dipelajari pada saat in class training, dapat dipraktekkan secara langsung.

Pada hari pertama, peserta mendapatkan materi mengenai agroekosistem dan teknik penyemprotan yang disampaikan para trainer yaitu: Mr. Herman de Putter (APR-WUR), Dr. Witono Adiyoga (BALITSA) dan Ms. Bich Diep Phan (APR-WUR). Peserta terlihat sangat antusias dilihat dari banyaknya pertanyaan dan diskusi yang muncul selama training berlangsung.

Pada hari kedua, peserta bersama-sama dengan trainer berkunjung ke lahan milik salah satu petani binaan EWINDO di kawasan Cikampek, Purwakarta. Para peserta yang sebelumnya telah dibagi menjadi beberapa kelompok diberi tugas untuk mengidentifikasi agroekosistem serta hama dan penyakit yang mungkin ditemukan pada tanaman timun di lahan petani. Hari kedua ini dilanjutkan dengan presentasi dari masing-masing kelompok serta sesi diskusi.

Hari ketiga sesi ToT champion diadakan di kebun EWINDO di daerah Cisarua, Lembang, Jawa Barat. Sebelumnya, panitia telah mempersiapkan demoplot untuk beberapa varietas tanaman dengan perbedaan perlakuan. Para peserta dapat mengamati hasil tanaman dari perlakuan yang berbeda tersebut, yaitu: perlakuan pupuk dan persemaian. Selain itu, peserta juga diberi kesempatan untuk mempresentasikan tugas yang diberikan pada hari kedua, yaitu bermain peran (role play) sebagai petani dan penyuluh yang menyampaikan materi mengenai teknik penyemprotan dan manajemen penggunaan pestisida yang baik dan benar. Sesi kali ini ditutup dengan tugas tertulis yang diberikan oleh trainer.