Bina Tani Sejahtera

Bahasa id Indonesia

Perkembangan Halmahera TT Project tahun 2015


Kamis, 18 Agustus 2016 00:00

Selama tahun 2015, staf penyuluh YBTS telah melakukan 10 kali kegiatan penyuluhan dan pelatihan di Halmahera. Jumlah total petani peserta sebanyak 243 orang dimana 35% adalah peserta wanita.

Tabel 01. Kegiatan penyuluah dan jumlah partisipan di Halmahera tahun 2015

Kegiatan lain yang dilakukan oleh YBTS bersama petani Halmahera adalah studi banding. Selama tahun 2015 telah dilaksanakan 2 kali studi banding, yaitu di Desa Taman Buah dan Desa Paca. Studi banding di Desa Taman Buah telah diselenggarakan pada bulan Februari dengan peserta 30 orang petani dari Desa Gorua dan sekitarnya, sedangkan studi banding di Desa Paca diselenggarakan pada bulan November dan dihadiri 27 orang petani dari beberapa desa diantaranya MCKM, Galela dan Leleoto. Studi banding bertujuan agar terjadi tukar pengalaman diantara petani.

Selain itu, YBTS bersama petani juga membangun 20 demoplot untuk mendukung dan memfasilitasi pembelajaran petani. Dengan cara ini setiap anggota kelompok diharapkan dapat menerapkan praktek budidaya yang lebih baik sehingga hasilnya meningkat.

Tabel 02. Jumlah demoplot di Halmahera tahun 2015

Hasil wawancara dengan 3 kelompok tani di lokasi project menunjukkan adanya peningkatan usaha tani sayuran yang signifikan setelah mendapat penyuluhan, pelatihan dan pendampingan dari YBTS.

 

Grafik 01. Pendapatan petani sebelum dan sesudah pendampingan YBTS