Bina Tani Sejahtera

Bahasa id Indonesia

Paket Kerja Transfer  Pengetahuan

Paket Kerja Transfer Pengetahuan

vegIMPACT dan EWINDO sepakat bekerjasama untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan 10,000 petani sayuran di Indonesia selama tahun 2014 hingga 2016. Untuk itu, lebih dari 100 staf lapangan perusahaan ditingkatkan kapasitasnya sebagai penyuluh yang efektif dan kompeten melaksanakan pelatihan bagi petani. Peranan Yayasan Bina Tani Sejahtera adalah memfasilitasi pelaksanaan 2 (dua) kegiatan utama dalam Paket Kerja Transfer Pengetahuan: Pelatihan Trainer (ToT) dan Pelatihan Petani (ToF). Pelatihan petani akan dilakukan oleh staf lapangan/agronomis atau yang disebut juga Promotor Produk perusahaan. Sesi ToT diadakan selama 3 setengah hari mencakup kursus di ruangan dan praktek serta latihan lapangan. Dalam ToF, setiap petani mengikuti 3 hari pelatihan tidak berurut dengan topik terpilih, sebaiknya 3 hari tersebut dibagi sebarannya dalam satu musim tanam.

Pakar dari APR-WUR dan BALITSA membuat bahan dan modul pelatihan yang meliputi: praktek pertanian yang baik, PHT, penggunaan produk perlindungan tanaman yang aman dan bertanggungjawab, aplikasi pestisida, nutrisi tanaman dan pemupukan. Program ini juga memberikan perangkat keras (pH meter, N-check) dan perangkat lunak (lembar kerja untuk kalkukasi hara, modul e-learning, dll…) untuk setiap staf lapangan sejalan dengan aplikasi praktis di tingkat pelatih dan petani.

Sejak akhir 2013, 4 gelombang ToT telah selesai dilakukan bagi 137 staf oleh instruktur Mr. Herman de Putter (APR-WUR) dan Dr. Witono Adiyoga (BALITSA) dengan uraian berikut:

Tempat Waktu Peserta
Purwakarta 21-22 Sept 2013 & 23-24 Nov 2013 32
Lampung 14-17 April 2014 35
Malang 17-20 Juni 2014 43
Makassar 23-26 Sept 2014 27
Total   137

Setelah mengikuti ToT, setiap staf lapangan diwajibkan meneruskan bahan pelatihan ke sekurang-kurangnya 100 petani dari wilayah kerjanya. Tujuan pembelajaran dalam program ToF adalah:

  • Benih/bahan tanam: benih varietas unggul dan baik, cara /sistim persemaian lebih baik
  • Pemupukan: pupuk secara tepat berdasarkan kebutuhan dan target hasil
  • Perlindungan tanaman yang terpadu dengan penggunaan pestisida secara bertanggung jawab
  • Kesehatan dalam pekerjaan

Dalam musim tanam terakhir (hingga Oktober 2014), 1.141 petani di Jawa dan Sumatera telah menyelesaikan program pelatihan. Setiap petani yang ikut dalam program ToF juga diberikan 3 buku panduan bercocok tanam.