Bina Tani Sejahtera

Bahasa id Indonesia

Penguatan Kapasitas Petani Secara Terpadu

Penguatan Kapasitas Petani Secara Terpadu

Di Pulai Timor (Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia), Yayasan Bina Tani Sejahtera didukung oleh KARINA Jogja bekerja untuk penguatan kapasitas petani secara terpadu bagi peningkatan penghidupan petani di 7 (tujuh desa) yang terdiri dari 28 kelompok tani  (1.118 petani, 559 KK), tepatnya di Desa Tubuhue, Mnelalete, Tublopo (Kecamatan Amanuban Barat), Kuatae (Kecamatan Kota Soe), Lakat, Tetaf (Kecamatan Kuatnana), dan Nobi-nobi (Kecamatan Amanuban Tengah), Kabupaten Timor Tengah Selatan. Dengan pendekatan terpadu ini diharapkan juga meningkatkanya ketangguhan petani dalam mengatasi ancaman kekeringan.

 

APA YANG KAMI LAKUKAN?

  • Transfer pengetahuan budidaya tanaman sayuran yang baik

Kami membantu kelompok tani melalui serangkaian pelatihan dengan konsep demo plot: Pengenalan dan pemilihan benih unggul yang baik termasuk varietas tahan kering, pelatihan persemaian, pemupukan yang efisien, pengendalian hama dan penyakit  tanaman secara terpadu, pembuatan pupuk organik cair. Para petani mendapatkan layanan penyuluhan, sehingga pengetahuan serta kecakapan mereka juga meningkat. Kami juga  mempromosikan 3 (tiga) jenis sayudan daun (bayam, kangkung, caisim) untuk konsumsi dan peningkatan nutrisi keluarga. 

  • Konservasi lahan dan sumber mata air

Kami mendorongswadaya masyarakat untuk membangun mini-dam, sumur resapan, jebakan-jebakan air serta menanam anakan pohon di sumber-sumber mata air dan wilayah tangkapan. Prinsip 3M (mengisi, menampung dan menggunakan kembali) tersebut dilakukan agar terhindar dari bencana kekeringan di musim kemarau. Para petani juga dianjurkan membuat terasering pada lahan-lahan miring agar potensi erosi dan longsor berkurang, dan air dapat terserap ke dalam tanah.

  • Konstruksi sarana akses air untuk pertanian sayuran

Kami membantu kelompok tani mendapatkan akses air untuk pertanian melalui pompanisasi, vakumisasi, PAH (penampung air hujan), penggalian sumur, dan pengaliran air secara gravitasi dari penangkap mata air ke bak atau tampungan plastik UV di lahan.

  • Peningkatan pendapatan petani

Kami memfasilitasi masyarakat mendapatkan akses informasi iklim dan prakiraan curah hujan, serta mendapatkan informasi harga komoditas. Dengan cara ini petani mampu menyusun kalendar pasar dan kalendar tanam serta pola tanam untuk mendapatkan panen dengan harga jual yang lebih baik di pasar. Kami mendorong masyarakat mengenali produk unggulan setiap desa, memfasilitasi pelatihan dan pendampingan pengolahan dan pengemasan produk untuk meningkatkan nilai tambah produk pertanian.

  • Peningkatan akses pasar

Kami memfasilitasi masyarakat untuk dapat mengakses pasar yang lebih luas, misalnya dengan pendirian outlet penjualan di pasar kabupaten/ kecamatan.

 

DUKUNGAN PEMERINTAH SETEMPAT

YBTS bekerjasama, bersinergi dan berkolaborasi dengan instansi pemerintah di Kabupaten dan mitra LSM maupun sektor swasta yang ada, dengan harapan agar program yang dilaksanakan dapat menjadi suatu model yang dapat diadopsi dan direplikasi secara luas.

 

INTERVENSI TERPADU UNTUK PENGUATAN PENGHIDUPAN PETANI

Arsip

Tidak ada arsip.