Bina Tani Sejahtera

Bahasa id Indonesia

Trio Leafies Program

Trio Leafies Program

Berdasarkan publikasi World Bank, terdapat kasus overweight (kelebihan berat badan) dan underweight (berat badan kurang) pada remaja dan anak-anak, hal ini mengindikasikan bahwa DBM (Double Burden of Malnutrition/ Beban Ganda Malnutrisi) telah menjadi permasalah di Indonesia. Selain itu, obesitas juga telah menjadi permasalahan di daerah perkotaan, kekerdilan menjadi masalah nutrisi yang disoroti baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan.

Melalui tindakan tanggap pada bidang produksi makanan/nutrisi dan pendidikan dapat membantu mengatasi isu ini yaitu melalui penguatan promosi tanaman bernutrisi tinggi seperti buah-buahan dan sayuran. Beberapa artikel dan laporan mengungkapkan bahwa orang Indonesia (terutama anak-anak) tidak mengonsumsi cukup sayuran dan buah-buahan. Seperti kita ketahui, terdapat cara mudah mempromosikan konsumsi sayuran secara besar-besaran, misalnya melalui panduan praktis menanam kangkung, caisim dan bayam. Benihnya mudah ditemukan.

Sayuran daun sangat mudah ditanam – tidak hanya oleh petani skala kecil namun juga oleh ibu rumah tangga atau siapapun dengan cara menyemai benih sayuran daun secara sederhana di pekarangan rumah, polybag, atau dengan pendekatan terbaru vertical garden. Sayuran daun dapat ditanam di lahan terbuka dengan bedengan sederhana atau dengan crop box media campuran, dan dapat dipanen dalam waktu 2 – 3 minggu. Yayasan Bina Tani Sejahtera (YBTS) – didukung oleh EWINDO – menginisiasi promosi 3 (tiga) sayuran daun penting dan bernutrisi khas Indonesia – kami menyebutnya sebagai trio leafies: kangkung + caisim + bayam. Kami akan membuat kemasan benih paket yang tersedia bagi masyarakat perkotaan dan pedesaan.

 

Kangkung : cocok ditanam di dataran rendah, bentuk daun menyerupai jari dan panjang, renyah dan memiliki rasa manis jika dimasak saat masih segar, berwarna hijau, biasanya dipanen pada 20 – 30 Hari Setelah Semai (HST) dengan produksi potensial 2,5 kg/m2.

Caisim: Dapat ditanam di dataran rendah hingga menengah, tumbuh tegak dengan daun hijau halus, seragam, renyag dan memiliki rasa yang enak, biasanya dipanen pada 21 – 25 HST dengan produksi potensial 250 gram/tanaman.

Bayam: dapat ditanam dimana saja, terdapat bayam dengan jenis berdaun hijau atau merah, seragam dan daunnya cenderung bulat, tumbuh cepat, tidak bercabang, rasanya enak. Biasanya dipanen pada 20 – 40 HST, produksi potensial 1,5 kg/m2.