Bina Tani Sejahtera

Bahasa id Indonesia

Alih Teknologi dan Penyuluhan

Alih Teknologi dan Penyuluhan

Halmahera adalah pulau utama di propinsi Maluku Utara dan ibukota Sofifi terletak di pantai barat pulau. Luas Halmahera adalah 17.780 km2 dan penduduk pada tahun 2009 sebesar 449,938 untuk pulaunya sendiri, dan 1.015.647 untuk seluruh propinsi.

Halmahera merupakan rintisan baru dalam program penyuluhan kami. Yayasan Bina Tani Sejahtera mengenalkan dan selanjutnya akan mengintensifkan budidaya sayuran ke petani lokal.

Tujuan proyek ini adalah memberikan pendampingan teknis dan pelayanan penyuluhan ke masyarakat lokal. Selanjutnya, petani diharapkan meningkat pengetahuan dan ketrampilannya, dan kemudian mampu meningkatkan kualitas dan kuantias hasil tanaman guna peningkatan pendapatan mereka.

Produksi sayuran setempat belum mampu memenuhi meningkatnya kebutuhan masyarakat. Masih banyak sayuran segar didatangkan dari pulau lain seperti dari Sulawesi. Inisiatif ini diharapkan dapat mengurangi ketergantungan impor, dan memberikan manfaat bagi petani setempat dan juga bagi masyarakat konsumen.

Sasaran proyek adalah membantu petani skala kecil guna peningkatan hasil dan pendapatan mereka melalui usahatani sayuran dengan benih yang baik. Pendampingan teknis dan program penyuluhan yang dilakukan: pertama, perbaikan praktek pertanian oleh petani agar hasil dan kualitas panen meningkat; kedua, repetisi dan difusi pengetahuan teknis yang dipercontohkan pada tahap pertama. Repitisi terjadi bilamana para petani mengulangi atau menerapkan pengetahuan teknis di lahannya sendiri. Difusi terjadi saat petani lainnya belajar sesuatu dari demplot atau memperoleh hal-hal baru saat mengikuti even lapangan misalnya saat temu lapang petani. Hal ini selanjutnya akan mempercepat penyebaran pengetahuan baik di antara para petani.

Petugas Penyuluhan YBTS di kabupaten Halmahera Utara telah memulaui pembuatan demplot dan kegiatan pelatihan di 3 desa yakni Kalipitu, Taman Buah dan Gorua. Para petani sangat antusias dengan adanya inisiatif Yayasan ini. Di Kalipitu,dibuat 2 demplot tanaman: jagung manis Bonanza F1 dan bawang merah Tuktuk, di Taman Buah ada 2 demplot tanaman tomat Betavila dan bawang merah Tuktuk; dan di Gorua ada 2 demplot tanaman tomat Betavila dan cabai Lado.