Bina Tani Sejahtera

Bahasa id Indonesia

Kegiatan Penyuluhan dan Transfer Pengetahuan di Pulau Seram

Kegiatan Penyuluhan dan Transfer Pengetahuan di Pulau Seram

Pulau Seram merupakan pulau utama sekaligus pulau terbesar di Provinsi Maluku. Pulau Seram memiliki luas area 1.700 kilometer persegi dengan populasipenduduk 400.000 jiwa. Di pulau ini, terdapat 3 kabupaten, yaitu Kabupaten Seram bagian Barat, Kabupaten Seram bagian Timur dan Kabupaten Maluku Tengah. Pulau Seram terkenal dengan hasil perkebunan berupa cengkeh, kemiri dan kopra.

Yayasan Bina Tani Sejahtera memilih lokasi demo plot di Desa Holo, Kecamatan Amahai, Kabupaten Maluku Tengah (21 kilometer dari Kota Masohi), sekitar 2-3 jam perjalanan dari Ambon menggunakan kapal cepat. Bekerjasama dengan kelompok tani, kami mengembangkan demo plot terpadu di lahan petani dengan menanam 9 varietas tanaman sayuran Cap Panah Merah pada lahan seluas 1.000 meter persegi.

Berkoordinasi dengan kelompok tani dan pemerintah setempat, YBTS melakuakan kegiatan penyuluhan dan transfer pengetahuan melalui pembuatan demo plot, pelatihan GAP (Good Agricultural Practices), Field Day, dan promosi konsumsi sayuran. Kegiatan ini berlangsung sejak bulan Mei 2017.

Kami melakukan penyuluhan kepada petani melalui kegiatan Training of Farmer (ToF) di Desa Holo dengan beberapa tema, yaitu agroekosistem, persemaian, pemupukan dan praktek teknik penyemprotan. Selain itu, kami juga melakukan transfer pengetahuan kepada apara petani kunci di Kecamatan Amahai dan TNS agar mereka dapat menyebarluaskan informasi tersebut kepada petani lain melalui pembagian brosur panduan budidaya, booklet dan beberapa diskusi mengenai persemaian, pemupukan dan perlindungan tanaman. Melalui kegiatan transfer pengetahuan, kami mencapai target 498 petani (363 pria; 165 wanita) yang memperoleh manfaat. Melalui kegiatan Field Day yang berlangsung pada bulan Oktober 2017, kami berusaha mengajak petani dan masyarakat sekitar untuk menggerakkan budidaya sayuran bagi peningkatan nutrisi dan pendapatan petani.