Bina Tani Sejahtera

Bahasa id Indonesia

Tim Yayasan

Extension Manager

Edwin S. Saragih

Extension Manager     edwin.saragih@binatani.or.id

Edwin S. Saragih setelah lulus dari Institut Pertanian Bogor tahun 1989 memiliki karir yang dinamis dalam bidang pertanian dan agribisnis, telah bekerja di perusahaan-perusahaan produk perlindungan tanaman dan benih, dan juga pada lembaga-lembaga permbangunan internasional. Pengalamannya meliputi kajian dan perbaikan produksi tanaman, demonstrasi kinerja produk dan teknologi agro-kimia dan benih di tingkat lapangan, penggunaan tanah, pelatihan petani, pengujian produk dan adopsi teknologi, dan juga dalam kajian rantai nilai. Dia juga pernah memimpin pengembangan produk dan pengelolaan proyek, pembinaan layanan penyuluhan di perusahaan swasta khususnya dalam hal manajemen penyuluhan bagi petani kecil.  Edwin bergabung dengan PT. East West Seed Indonesia pada tahun 2012 sebagai Manager Transfer Teknologi, dan sejak tahun 2014 dipercayakan memimpin Yayasan Bina Tani Sejahtera.

Technology Transfer Officer

Febrianus Mado

Technology Transfer Officer     febrianus.mado@binatani.or.id

Febri lulus dari Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana, Kupang bergabung dengan PT. East West Seed Indonesia sejak April 2007 di bagian Produksi benih. Tahun 2013 bergabung dengan Marketing di bagian Technology Transfer di perusahaan yang sama. Sejak Juni 2014 bergabung dengan Yayasan Bina Tani Sejahtera sebagai Technology Transfer Officer untuk Wilayah Nusa Tenggara Timur yang saat ini aktif melaksanakan pelatihan-pelatihan budidaya sayuran bagi petani dan masyarakat dalam proyek Resilience & Livelihood dengan dukungan Cordaid dan mitra PfR (Partners for Resilience).

Technical Program Officer

Arga Wisnu Pradana

Technical Program Officer     arga.wisnu@binatani.or.id

Arga telah bergabung dengan PT East West Seed Indonesia pada bulan Maret 2013 setelah lulus dari Institut Pertanian Bogor. Sejak bulan Juni 2014 dia bergabung dalam Yayasan Bina Tani Sejahtera sebagai Transfer Technology Officer untuk area Nusa Tenggara Barat. Arga telah berpengalaman dalam membuat teaching farm hortikultura yang kerjasama dengan universitas (IPB). Dia saat ini bertanggung jawab sebagai Technical Program Officer yang bertugas mendampingi Extension Manager dalam evaluasi & monitoring program serta data collection untuk petani-petani di area kerja YBTS, khususnya di wilayah Halmahera dan Papua Barat.

Technical Field Officer

Rika Bhernike Sitepu

Technical Field Officer     rika.bhernike@binatani.or.id

Rika bergabung dengan Yayasan Bina Tani Sejahtera pada bulan April 2014 sebagai Project Officer dalam Proyek Resilience dan Livelihood di Kupang, NTT. Dia lulus dari Universitas Padjajaran, Bandung dengan jurusan Agroteknologi. Saat ini Rika bertanggung jawab sebagai Technical Project Officer untuk Extension Project YBTS di wilayah Halmahera Utara, Maluku.

Administrative and Finance Officer

Ainunnisa El Fajrin

Administrative and Finance Officer     ainunnisa.elfajrin@binatani.or.id

Lulus dari Program Studi Agribisnis, Universitas Gadjah Mada pada November 2014. Ainun bergabung dengan Yayasan Bina Tani Sejahtera sejak Januari 2015. Saat ini ia bertanggungjawab sebagai Administrative and Finance Officer di Yayasan Binatani Sejahtera, Jakarta.

Accounting Officer

Bryan Harry Andrew Victor Sitoru

Accounting Officer     bryan@binatani.or.id

Setelah lulus dari program sarjana bidang akuntansi, Spicer Memorial College India (affiliated to Griggs University), Bryan bergabung dengan Yayasan Bina Tani Sejahtera sejak Oktober 2015. Sebelumnya ia pernah bekerja sebagai staff akunting di perusahaan manufaktur. Saat ini ia bertugas sebagai Accounting Officer pada Yayasan Bina Tani Sejahtera.

Technical Field Officer

Hardianta TM Ginting

Technical Field Officer     hardianta@binatani

Danta menyelesaikan pendidikan program pasca sarjana, Manajemen Sumber Daya Manusia, Universitas Teknologi Yogyakarta pada tahun 2015 dan program sarjana di Universitas Gadjah Mada, program studi Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian pada tahun 201. Sebelum bergabung dengan YBTS, ia pernah bergabung pada industri kelapa sawit dan Pertamina Pematang Siantar. Danta bergabung sebagai Technical Field Officer untuk project Knowledge Transfer di wilayah Papua Barat (Manokwari lowland). Saat ini Danta bertugas di wilayah Flores, Nusa Tenggara Timur bekerjasama dengan mitra terkait menjalankan program pendampingan petani.

Technical Field Officer

Roberd D CHR Abanat

Technical Field Officer     abanat@binatani.or.id

Merupakan lulusan program studi sarjana, Fakultas Pertanian Universitas Nusa Cendana, Kupang. Ia pernah bergabung dalam beberapa pelatihan pertanian di NTT, misalnya pelatihan pertanian organik dan program analisis air. Sebelum bergabung dengan YBTS, ia pernah menjjadi fasilitator untuk beberapa project yang  diadakan oleh yayasan lain. Roberd bergabung dengan YBTS sebagai Technical Field Officer pada program Penguatan Kapasitas Petani secara Terpadu bagi Peningkatan Penghidupan Petani di Kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT. Saat ini Roberd bertugas mendampingi petani dataran tinggi di wilayah Pegunungan Arfak, Papua Barat.

Technical Field Officer

Dominggus Sesfaot

Technical Field Officer     dominggus@binatani.or.id

Menyelesaikan studinya pada bidang agribisnis, di Fakultas Pertanian, Universitas Nusa Cendana, Kupang pada tahun 2016, Domi bergabung dengan Yayasan Bina Tani Sejahtera sebagai Technical Field Officer untuk mendukung kegiatan pendampingan petani di wilayah Papua Barat, khususnya Manokwari dan Pegunungan Arfak sejak April 2017. Dengan bekal pengetahuan dan pengalaman bertani yang ia miliki, rencananya Domi akan terus mengembangkan dan mendampingi para petani di kabupaten-kabupaten lain di wilayah Papua bersama dengan YBTS.

Technical Program Supervisor

Junike Susan Medah

Technical Program Supervisor     junike.sm@binatani.or.id

Junike graduated from bachelor program, Agricultural Socio Economic major, Universitas Nusa Cendana in 1994. Before joining Yayasan Bina Tani Sejahtera, she has many experiences in agricultural projects from other NGOs. In 2012 to 2016 she joined as a Monev officer at PT Fresh Dynamics Indonesia (vegIMPACT) in Jakarta and Rural Development project/ RDP phase III based in Dili, Timor Leste. She is also experienced as a Senior Program Officer in Livelihood program/ Disaster Risk Education at CWO in 2004 to 2012. She started join YBTS as a Technical Program Supervisor for Nusa Tenggara Timur region in November, 2016.

 

 

Project Officer

Hermina KH Supadi

Project Officer     hermina.supadi@binatani.or.id

Setelah menyelesaikan pendidikan diploma program studi Pertanian untuk Lingkungan Kering di Universitas Nusa Cendana Kupang, Hermina memiliki cukup banyak pengalaman pada kegiatan pertanian dan pengembangan masyarakat. Bergabung sebagai Project Officer di Yayasan Bina Tani Sejahtera sejak tahun 2014 pada project Integrated Capacity Building for Farmers' Livelihood Improvement. Sebelumnya ia pernah bekerja sebagai koordinator Divisi Inovasi dan Pendidikan di BK3S Nusa Tenggara Timur dan berbagai kegiatan pengembangan masyarakat.

Project Officer

Blasius Halek

Project Officer     blasius@binatani.or.id

Mengenyam studi di Politeknik Pertanian Kupang sebelumnya, Blasius merupakan salah satu yang berpengalaman pada kegiatan pendampingan masyarakat, baik bersama NGO lokal maupun internasional. Sebelumnya ia pernah bekerja sebagai pendamping atau fasilitator program pada Lembaga Church World Service (CWS), Hellen Keller Internasional (HKI) dan Badan Pemberdayaan Masyarakat dan  Pemerintah Desa Provinsi Nusa Tenggara Timur (BPMPD NTT). Blasius bergabung dengan YBTS sebagai Project Officer pada program Penguatan Kapasaitas Terintegrasi di Kabupaten Timor Tengah Selatan.

Project Officer

Elis Wienfried Kitu

Project Officer     elies.wk@binatani.or.id

Berpengalaman pada organisasi kemasyarakatan sebagai fasilitator dan petugas lapangan, Tuche bergabung dengan Yayasan Bina Tani Sejahtera sejak Februari 2017 sebagai Project Officer pada program Penguatan Kapasitas Terintegrasi di Kabupaten Timor Tengah Selatan, khususnya memberikan dukungan pada kegiatan konstruksi, irigasi dan 3M (Mengisi kembali, Menampung, Menggunakan kembali). Sebelumnya ia pernah bergabung pada beberapa organisasi lokal, antara lain: Yayasan Pancaran Kasih, Church World Service Indonesia (CWS Indonesia), AIP MNH, dan LSM Gerbang Mas.

Technical Field Officer

Welem Andimiler O. Tana

Technical Field Officer     welem.at@binatani.or.id

Andi bergabung bersama Yayasan Bina Tani Sejahtera sejak Januari 2017 sebagai Technical Field Officer. Dengan latar belakang pendidikan yang pernah ditempuhnya pada program studi Pertanian Lahan Kering di Politeknik Pertanian Negeri Kupang, ia mendampingi petani di lapangan secara langsung dan menyampaikan informasi mengenai cara bertanam yang baik. Sebelumnya ia pernah menjadi pendamping desa pada program pengembangan masyarakat antara lain: PIDRA, Action Contrela Faim, dan Hellen Keller Internasional (HKI).

Technical Field Officer

Aprianus Silvester Asbanu

Technical Field Officer     aprianus@binatani.or.id

Vester merupakan lulusan program studi Manajemen Pertanian Lahan Kering (MPLK) Politeknik Pertanian Negeri Kupang tahun 2007. Aktivitas sosialnya dimulai dengan bergabung sebagai Field Supervisor pada OISCA TTS. Selanjutnya ia menggeluti bidang pendampingan masyarakat pada NGO lokal dan internasional seperti YASNA/ ACF, YASNA/ WFP dan Helen Keller Internasional (HKI). Vester bergabung dengan Yayasan Bina Tani Sejahtera untuk mendukung program Penguatan Kapasitas Terintegrasi di Kabupaten Timor Tengah Selatan sebagai Technical Field Officer.

Data Coordinator

Sadhu Zukhruf Janottama

Data Coordinator     sadhu@binatani.or.id

Lulus dari jurusan geografi dan mengambil master dari jurusan Teknik geologi. Bergabung dengan Yayasan Bina Tani Sejahtera sejak Januari 2017 sebagai data coordinator untuk project Geodata for Agriculture and Water: SMARTSeeds Information Services in Indonesia. Memiliki 6 tahun pengalaman pada pengurangan risiko bencana, sumberdaya alam dan perubahan iklim baik sektor swasta maupun pemerintahan. Familiar dengan perangkat lunak berbasis spasial (GIS) dan pemodelan air tanah.

Technical Field Officer

Sudiarto

Technical Field Officer     sudiarto@binatani.or.id

Sudiarto lulus dari Jurusan Ilmu Tanah, Institut Pertanian Bogor pada tahun 2016. Sudi bergabung dengan YBTS pada September 2016 sebaga GIS (Geographic Information System) officer di wilayah Soe, Kabupaten Timor Tengah Selatan. Sejak Januari 2017, ia bertugas sebagai tenaga lapangan untuk mengumpulkan data petani di wilayah Jawa Timur bersama project G4AW (Geodata for Agriculture and Water) project.

Technical Field Officer

Lovian Andriani Sinambela

Technical Field Officer     lovian@binatani.or.id

Lulus dari program studi Agroteknologi, Fakultas Pertanian, Universitas Padjajaran, Lovian bergabung dengan YBTS sejak bulan Februari 2016. Sebagai Technical Field Officer, Lovian bertanggungjawab dalam pengumpulan data petani di area Lampung terkait dengan project G4AW (Geodata for Agriculture and Water).